Sabtu, 14 November 2009

Pentingnya merawat Filter/Saringan Udara






Sekadar mengingatkan, kebanyakan orang mungkin melupakan hal satu ini yaitu filter Udara, apalagi jika saringan udara itu terbuat dari kertas. Mereka berpikir dengan menggunakan filter udara berarti bebas perawatan, eit tunggu dulu, “Jika sudah terlampau lama tidak diganti, maka lapisan filter udara akan kelihatan kehitam-hitaman akibat kena kotoran-kotoran yang menempel.

Sebelum lanjut, perlu di ketahui dahulu apa sih fungsi filter udara untuk motor kita? ya filter udara adalah komponen yang berfungsi menyaring udara bebas dari luar yang akan masuk ke ruang pembakaran agar selalu dalam keadaan bersih.

Kemana larinya udara ini? Udara yang sudah disaring tadi kemudian menuju ke ruang pembakaran bersamaan dengan bahan bakar. Dengan bercampurnya udara dg bahan bakar, maka kedua zat ini berubah menjadi gas dan seterusnya menuju ke ruangan silinder. cecs

Apabila udara yang masuk tadi bercampur dengan zat-zat padat dari luar, seperti debu, pasir atau kotoran-kotoran lainnya, maka tentunya akan berakibat fatal bagi kerja mesin motor, dimana akan berdampak piston, ring dan dinding silinder menjadi aus.

oleh sebab itu perlu adanya perawatan rutin untuk filter udara ini. Motor – motor produksi AHM yang menggunakan 2 jenis filter udara yaitu dari Busa dan kertas, dimana untuk yang menggunakan kertas perawatannya lebih mudah.

Untuk tipe motor yang masih menggunakan busa adalah motor Revo100, Tiger & Mega pro. untuk membersihkan / mencucinya sebaiknya menggunakan solar dan tidak dianjurkan mencuci filter dengan bensin.

Untuk tipe motor generasi Supra X125/Karisma karena bahannya terbuat dari kertas, maka untuk membersihkan filter/saringan udara dapat dilakukan dengan menyemprotnya dengan udara bersih kompresor.

sedangkan untuk beberapa tipe seperti Vario & BeAT TIDAK disarankan untuk di cuci atau bersihkan dengan angin kompresor atau bensin, untuk membersihkannya cukup dengan di lap dengan menggunakan kain bersih. kenapa? karena saringan udara tipe motor ini terbuat dari bahan khusus yang dilapisi dengan oli khusus, apabila di semprot dengan angin, maka kandungan olinya bisa hilang dan penyaringannya tidak sempurna.

Untuk perawatan lainnya adalah dengan MENGGANTI secara periodik saringan udara pada setiap 1 tahun 6 bulan atau 16.000 kilometer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar